PCIM Jepang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Jepang
.: Home > Berita > Silaturahim PCI Muhammadiyah Jepang dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Homepage

Silaturahim PCI Muhammadiyah Jepang dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Selasa, 25-04-2023
Dibaca: 183

 

Yogyakarta (5/2/2023) Pengurus dan purna-pengurus PCI Muhammadiyah Jepang yang bermukim di Yogyakarta dan Makassar berinisiatif untuk bersilaturahmi langsung dengan Ayahanda PP Muhammadiyah untuk beroleh nasihat, arahan, serta bimbingan dalam upaya pengembangan Persyarikatan di Jepang. Dipimping langsung oleh Ketua PCIM Jepang, Ridwan Wicaksono, rombongan PCI Muhammadiyah Jepang terdiri dari Subaedy, Arif Darmawan, dan Adi Suharyanto.

 

Pertemuan berlangsung dengan khidmat di ruang transit Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Di Tiro No. 23. Rombongan PCIM Jepang disambut langsung oleh Ayahanda Agung Danarto, Ayahanda Muhammad Sayuti, dan Ayahanda Agus Taufiqurrahman.

Ketua PCIM Jepang, Ridwan Wicaksono, menyampaikan perbedaan mendasar kepengurusan PCIM Jepang periode 2022-2024 dengan periode sebelumnya adalah adanya Pedoman Petunjuk Teknis yang menjadi role standar supaya para anggota mematuhi apa yang telah disepakati. Apapun aktivitas dan organisasi para anggota tidak masalah selama masih menunjukkan identitas Muhammadiyah. Untuk periode ini total 25 orang masuk menjadi pengurus di PCIM Jepang. Para pengurus telah melalui tahap seleksi dan wawancara langsung dengan Ayahanda Agung Danarto, sehingga sudah terverifikasi.

Perwakilan purna-pengurus sekaligus Sekretaris PCIM Jepang periode 2020-2022, Subaedy, menyampaikan beberapa inisiasi yang telah dilakukan PCIM Jepang di periode sebelumnya. Diantaranya pendirian ippan saddan (LSM) Muhammadiyah Japan yang semakin menguatkan legalitas dan kedudukan PCIM Jepang, membuat lebih dari 60 Kartu Anggota Muhammadiyah, menyusun persiapan pendirian PCI Aisyiah Jepang, menginisiasi persiapan perwakilan luar negeri tapak suci, dan lolos 10 besar sayembara LPCR dengan konsep BersamaMu (Bertani Bersama Muhammadiyah). Salah satu tantangan yang dihadapi adalah melakukan internasionalisasi Muhammadiyah kepada masyarakat lokal di Jepang.

Pada kesempatan diskusi, Ayahanda Agung Danarto menyarankan segera dilakukan pelantikan pengurus PCIM Jepang periode 2022-2024 secara online terlebih dahulu untuk memudahkan kerja-kerja pengurus yang nantinya akan dihadiri langsung oleh Pimpinan Pusat. Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan mendukung sepenuhnya kegiatan PCI Muhammadiyah Jepang, seperti rencana pengurus mengundang Ust. Adi Hidayat dan Prof. Mu’ti untuk mengisi Tabligh Akbar, pengiriman imam selama Bulan Ramadhan, serta rencana pendirian TK ABA di Tochigi.

Penulis Adi Suharyanto


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website